Computer Science and Automation

  • TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Karakteristik dan cara kerja sensor PNP dan NPN

Assalamulaikum Wr. Wb.


Aplikasi kontrol dalam industri banyak menggunakan sensor sensor seperti photo switch, proximity switch  dan masih banyak lagi. Sensor jenis ini merupakan sensor jenis transistor karena pada outputnya terdapat transistor sebagai penguat. Berdasarkan jenis transistor yang digunakan terdapat dua jenis sensor yaitu PNP atau Sourcing dan NPN atau Sinking.
Pada artikel ini saya akan menjelaskan kedua sensor tersebut.

PNP/Sourcing Sensor

Merupakan gabungan dari detektor/tranduser dengan rangkaian transistor PNP seperti gambar berikut:
PNP sensor
Gambar 1 Struktur Sensor PNP



Ketika detector mendeteksi besaran yang diukur, maka akan ada arus basis yang meng-aktifkan transistor sehingga arus mengalir dari emiter menuju kolektor. Arus pada kolektor inilah yang digunakan sebagai output sensor.


NPN/Sinking Sensor

Merupakan gabungan dari detektor/tranduser dengan rangkaian transistor NPN seperti gambar berikut:
Gambar 2 Struktur Sensor NPN


Ketika detector mendeteksi besaran yang diukur, maka akan ada arus basis yang meng-aktifkan transistor sehingga arus mengalir dari kolektor menuju emiter. Arus pada kolektor inilah yang digunakan sebagai output sensor.

Perbedaan mendasar dari kedua sensor tersebut selain jenis transistor yaitu arah arus pada outputnya. Bedasarkan perbedaan karakteristik tersebut, konfigurasi kedua sensor tersebut pada sistem  juga berbeda. Untuk memahami bagaimana cara pemasangan atau pengkabelan sensor PNP dan NPN pada PLC silahkan baca artikel ini Wiring/Pengkabelan PLC.


Saya rasa cukup dari saya kalau masih ada yang sulit dipahami atau ada yang ingin ditanyakan silahkan silahkan tinggalkan komentar atau kirim pesan melalui form dibawah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Populer

Labels